-

SPONSOR

Sebab beda harga ekspor impor

Seperti halnya transaksi yang biasa terjadi antara penjual dan pembeli, maka landasan saling menguntungkanlah yang paling utama. Yaitu penjual akan mendapatkan kelebihan dari harga jual, sedangkan pembeli mendapatkan barang yang dibutuhkan. Demikian halnya suatu negara akan membeli barang dari negara lain kalau harganya lebih murah.

Kenapa untuk barang yang sama disatu negara bisa lebih murah dari negara yang lain ?

Disuatu negara dapat menjual produknya lebih murah dari negara lain disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu :

Sumber bahan baku alamnya tersedia melimpah ruah, sehingga tentunya harga jualnya menjadi lebih murah.
Sumber tenaga kerjanya lebih murah dan tentunya skillnya lebih trampil.
Teknik produksinya didukung oleh tehnologi yang memadai untuk mengubah bahan baku menjadi barang jadi.
Kebijaksanaan pemerintah yang mendukung program eksport atau import, sehingga tersedia fasilitas yang memudahkan produksi atau memasukan barang penunjang produksi.

Selain faktor murahnya suatu barang, kegiatan eksport import juga bisa disebabkan karena langkanya barang tersebut. Sehingga negara yang memerlukan barang tersebut terpaksa harus mengimport dari negara lain. Misalnya negara penghasil minyak akan mengeksport minyaknya kenegara yang tidak mempunyai sumber alamnya. Namun negara penghasil minyak tersebut mungkin harus mengimport bahan tekstil dari negara lain.

Pada awalnya Usaha Eksport Import ini akan mengalami sedikit kesulitan karena istilah-istilah seperti eksport financing, letter of credit, packing, distribution, shipping dan istilah istilah asing lainnya yang tadinya tidak pernah terpiki.

Namun dengan usaha yang keras, telaten, banyak belajar, maka dengan sendirinyalah istilah-istilah itu akan menjadi pekerjaan rutin yang cukup menyenangkan.

  ©JasaEksporImport.Blogspot.Com - Todos os direitos reservados.

Template Modifikasi Papih DuL | Topo